Bandara Internasional Minangkabau Sudah Terapkan Aturan Bebas PCR dan Antigen

Palembang Gelar 43 Kegiatan Besar untuk Dongkrak Kunjungan Wisatawan
March 8, 2022
Swab Antigen Perjalanan Domestik Ditiadakan, Pariwisata Jawa Barat Optimistis Menggeliat
March 9, 2022

Medcom.id/ Antara / 08 Maret 2022,17:44 WIB

Padang: Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman, mulai menerapkan kebijakan bebas tes antigen dan polymerase chain reaction (PCR). Aturan ini berlaku untuk pelaku perjalanan domestik yang sudah divaksinasi covid-19 dua kali.

“Seluruh Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II menerapkan peraturan di dalam Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19 yang berlaku efektif 8 Maret 2022,” kata Executive General Manager Angkasa Pura II BIM Siswanto di Padang Pariaman, Selasa, 8 Maret 2022.

Sesuai SE Kemenhub Nomor 21/2022 berisi setiap penumpang pesawat rute domestik yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen. Sementara penumpang rute domestik yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR.

“Yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3×24 jam atau tes cepat antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1×24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan,” ujar Siswanto, Selasa, 8 Maret 2022.

Sementara itu, penumpang rute domestik dengan penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksinasi, wajib menunjukkan hasil negatif tes usap PCR atau antigen. Selain itu penumpang juga wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum atau tidak dapat mengikuti vaksinasi.

“Sementara penumpang rute domestik berusia di bawah usia enam tahun dapat melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujar dia.

Sesuai dengan SE Kemenhub Nomor 21/2022, pemeriksaan persyaratan perjalanan pada setiap penumpang pesawat rute domestik dilakukan menggunakan aplikasi PeduliLindungi oleh setiap operator moda transportasi.

“Calon penumpang pesawat rute domestik dapat menuju konter check in maskapai untuk pemeriksaan persyaratan perjalanan menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” ucapnya.

Artikel asli : https://www.medcom.id/nasional/daerah/8KyJzVrN-bandara-internasional-minangkabau-sudah-terapkan-aturan-bebas-pcr-dan-antigen

logo