Bali Usul Karantina Wisman 2 Hari Saja: Kalau Terlalu Lama Jadi Tak Niat Liburan

Siaran Pers : Kemenparekraf Fokus Kembangkan Desa Wisata dan Kompetensi SDM di Rakornas Parekraf 2021
September 29, 2021
Siaran Pers : Dorong Game Lokal Mendunia, Kemenparekraf Dukung Wakil Indonesia di Tokyo Game Show 2021
September 29, 2021

Kumparan.com / Red/ 29 September 2021 ,16:02 WIB

Masa karantina wisatawan mancanegara (wisman) diusulkan diperpendek dari 8 hari menjadi 2 hari saat pariwisata Internasional kembali dibuka pada Oktober mendatang. Sementara, masa karantina 8 hari adalah rekomendasi WHO.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Badung, Cokorda Raka Darmawan, membeberkan ada dua pertimbangan masa karantina diperpendek menjadi 2 hari saja.

Pertama, negara asal pasti mengizinkan wisman bepergian setelah dipastikan menaati protokol kesehatan (prokes). Misalnya negatif COVID-19 dan memenuhi syarat lainnya.

“Sebetulnya kita melihat begini, mereka datang dari sana (negara asal), mereka sudah melakukan prokes di negaranya. Kalau mereka negatif tentu bisa bepergian. Kalau enggak (memenuhi syarat perjalanan ke luar negeri) tentu enggak (bisa wisman melakukan perjalanan ke luar negeri),” kata dia saat dihubungi, Rabu (29/9).

Kedua, ia menilai masa karantina 8 hari terlalu lama, bisa membuat wisman mengurungkan niat berwisata ke Bali,

“Jangan sampai terlalu lama dikarantina, tidak ada niat untuk bepergian (liburan) jadinya gitu, itu pertimbangan kami,” kata dia.

Pria yang akrab disapa Cok Iwan ini mengatakan, wisman yang diizinkan ke Bali dan menjalani karantina dua hari adalah mereka yang dipastikan telah negatif COVID-19. Begitu tiba di Bali, wisman tersebut langsung kembali menjalani tes COVID-19.

Usulan ini telah disampaikan kepada Kemlu, Kemenkumham, Kemenparekraf, dan Kemenkes saat meninjau penanganan COVID-19 persiapan pariwisata Bali.

Namun, kata Iwan, pemerintah pusat belum memberi respons atas usulan ini.

“Karena kebijakan itu tidak ditentukan oleh satu kementerian ya. mereka tidak bisa memutuskan langsung, ini belum disikapi pemerintah pusat dan hasilnya sampai saat ini belum (ada),” kata dia.

Artikel Asli : https://kumparan.com/kumparannews/bali-usul-karantina-wisman-2-hari-saja-kalau-terlalu-lama-jadi-tak-niat-liburan-1wcisSHQ35S/full

logo