Apresiasi Jagoan Pariwisata 2022 Wujudkan Strategi dan Inovasi Wisata Lokal

Menparekraf harap santri tingkatkan kemampuan adopsi teknologi digital
October 21, 2022
AP I hadirkan fasilitas Hotel Kapsul di Bandara Ngurah Rai Bali
October 21, 2022

Liputan6.com / Liputan6.com  / 21 Oktober 2022, 15:19 WIB

Liputan6.com, Jakarta Sejak diluncurkan pada awal Agustus lalu, program hasil karya sinergi tiket.com dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang bernama Jagoan Pariwisata telah memasuki tahapan pemilihan pemenang.

Tercatat total dari 46 unit bisnis wisata yang terdiri dari 112 peserta di 3 (tiga) desa JADESTA (Jaringan Desa Wisata), yaitu Desa Mulyaharja, Desa Kaki Langit, dan Desa Dewi Sambi, turut ambil bagian dalam sesi lokakarya edukatif dan pendampingan berkelanjutan untuk dapat memenangkan kompetisi mewujudkan ide konsep bisnis yang dipresentasikan di hadapan juri.

Secara hybrid, tiket.com dan Kemenparekraf bersama-sama menggelar acara penghargaan untuk mengapresiasi prestasi dan ide cemerlang para para pemenang Jagoan Pariwisata 2022 dari 4 (tiga) kategori, yaitu Best Homestay yang dimenangkan oleh Saung Eling, Desa Mulyaharja, Best Souvenir & Culinary yang dimenangkan oleh Keripik Sayur, Desa Dewi Sambi, Best Tourist Attraction yang dimenangkan oleh Jip Wisata Shive Pletau, Desa Dewi Sambi, serta Best Digital & Creative yang dimenangkan oleh Milenial Kaki Langit, Desa Kaki Langit.

Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga S. Uno mengatakan pentingnya kolaborasi strategis guna hadirkan solusi terbaik bagi desa wisata.

“Kemenparekraf mengapresiasi atas kolaborasi pentahelix untuk menginovasikan dan memberikan terobosan jajaran program yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Jagoan Pariwisata merupakan inisiatif berwujud kompetisi dan lokakarya edukatif. Kedepannya, strategi pengembangan pariwisata mengarah pada quality over quantity dan suitability – pilar pengembangan pariwisata yang akan berdampak pada ekonomi penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat lokal.”

Pernyataan tersebut didukung oleh Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com, yang menyoroti dampak positif edukasi bagi pergerakan ekonomi pariwisata.

Chief People Officer tiket.com, Dudi Arisandi memberikan penghargaan kepada pemenang Milenial Kaki Langit, Desa Kaki Langit kategori Best Digital & Creative pada acara program sinergi tiket.com dan Kemenparekraf, Jagoan Pariwisata di Jakarta (20/10/2022) (Liputan6.com)

Konsep program Jagoan Pariwisata adalah penyediaan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan komprehensif oleh para karyawan tiket.com yang juga didukung oleh tim Inspigo, selaku mitra penyelenggara program ini.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan solusi dari berbagai isu dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha lokal, sehingga dapat menjalankan usahanya dengan mengedepankan strategi dan inovasi secara berkelanjutan demi memajukan pariwisata di desa masing-masing.

Program Jagoan Pariwisata tidak hanya mengedukasi para pebisnis di desa wisata terpilih, tetapi juga dapat memberikan pengalaman pertama kalinya untuk pelaku usaha akomodasi dan atraksi dari desa wisata untuk bergabung dalam platform tiket.com, sehingga dapat mendigitalisasikan usaha mereka dan memanfaatkan jaringan luas tiket.com.

Artikel asli : https://www.liputan6.com/on-off/read/5103753/apresiasi-jagoan-pariwisata-2022-wujudkan-strategi-dan-inovasi-wisata-lokal

logo