Ambon dan Havana Jajaki Peluang Kerja Sama Bidang Musik

Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (21 Juni 2021)
June 21, 2021
Pemkab Bekasi dorong Pokdarwis ujung tombak sektor wisata
June 21, 2021

Inews.id/Antara/Erwin Sihombing/Ditayangkan Senin, 21 Juni 2021 pukul 10.44 WIB

iNews.id – Kota Ambon, Maluku, menjajaki peluang kerja sama bidang musik dengan Havana, Kuba. Direktur Ambon Music Office (AMO) Ronny Lopies menyatakan Kuba telah menawarkan konsep kerja sama jejaring kota kreatif berbasis musik. Ronny menyatakan, kerja sama dan jejaring sesama kota kreatif merupakan hal yang lumrah, di mana saat ini ada 47 kota kreatif berbasis musik di bawah UNESCO, namun Kuba ingin meningkatkan jejaring kerjasama dengan kota Ambon. Kerja sama yang dimaksud semacam pertukaran informasi atau budaya.

“Jika dicermati, banyak musisi daerah yang mengunggah karya mereka di Youtube dan platform digital, itu dilakukan secara otomatis oleh komunitas musik yang ada di Ambon, dan menjadi contoh bagi mereka di Kuba,” kata Ronny, Minggu (20/6/2021). Ambon diundang dalam kegiatan bertema G-Cinc Expert Series dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekrat) dan Kedutaan Besar RI di Kuba pada Senin (21/6/2021). Kegiatan yang digelar secara virtual dari Ambon, Jakarta dan Havana ini merupakan pertukaran informasi jejaring kota kreatif berbasis musik.

“Jadi semacam pertukaran informasi, itu paling penting dalam konteks kota musik saling berjejaring, saling mengisi satu sama lain, saling mempelajari baik dari sisi budaya, dan apa saja yang bisa disumbangkan baik dari sisi Kuba dan Indonesia” kata dia. TOP 5, Sandiaga Uno Dikabarkan Jadi Menteri dan Fakta-Fakta di Balik Penusukan Wiranto Ronny menjelaskan, tema yang diangkat pada kegiatan G-Cinc Expert Series tentang perkembangan industri musik digital, di mana kota Ambon memiliki perkembangan yang luar biasa terkait industri musik digital. Perkembangan musik lokal di Indonesia terjadi secara alamiah.

“Mereka membuka kerja sama dengan Ambon sebagai kota musik dalam kerangka besar, tetapi juga membuka peluang kerjasama dengan dengan Pemkot Ambon,” ujarnya. Kegiatan G-Cinc Expert Series akan dibuka oleh Menparekraf Sandiaga Uno, dan menghadirkan pembicara Duta Besar (Dubes) RI di Kuba, Nana Yuliana, Dubes Kuba untuk Indonesia, Tania Velazquez. Selanjutnya Deputi Menparkeraf Bidang Sumberdaya dan Institusi, Wisnu Taruna Jaya, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Direktur AMO, para musisi dan pelaku industri musik di kedua negara.

Artikel Asli: https://maluku.inews.id/berita/ambon-dan-havana-jajaki-peluang-kerja-sama-bidang-musik

logo