Airlangga: Pembangunan wisata berkelanjutan untuk dorong ekonomi lokal

Wapres Minta Pengusaha Manfaatkan Transformasi Digital
August 24, 2022
Dukung Pengembangan Pariwisata Lokal, Adira Finance Ajak Komunitas Motor ke Desa Wisata Ramah Berkendara
August 25, 2022

Antaranews.com / Muhammad Heriyanto /24 Agustus 2022,16:31 WIB

 

“Pariwisata berkelanjutan secara sosial harus diterapkan untuk memastikan uang yang dihabiskan untuk perjalanan tetap berada di masyarakat”

 

Jakarta (ANTARA) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pembangunan sektor pariwisata berkelanjutan ditujukan untuk mendorong perekonomian masyarakat lokal.

“Pariwisata berkelanjutan secara sosial harus diterapkan untuk memastikan uang yang dihabiskan untuk perjalanan tetap berada di masyarakat. Ini termasuk dalam upaya mendukung bisnis yang dijalankan atau dikelola oleh masyarakat lokal untuk mendukung ekonomi lokal,” ujar Airlangga dalam konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Warmadewa, Bali, lewat keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan istilah pariwisata berkelanjutan tidak hanya terkait dengan praktik ramah lingkungan dan tanggung jawab lingkungan, namun, juga dari sisi kemanusiaan yakni terkait dampak kepada masyarakat, baik sosial maupun ekonomi.

Selain itu, lanjut dia, pandemi COVID-19 telah meningkatkan kesadaran global akan pentingnya menjaga kesehatan sehingga wellness and health tourism menjadi salah satu leading sector di beberapa negara saat ini.

Menurut dia, Indonesia memiliki banyak potensi wellness tourism berbasis kearifan lokal seperti minuman herbal, produk rempah-rempah, serta perawatan tubuh dan kecantikan.

Dengan itu, pemerintah telah menyiapkan destinasi wisata medis dengan membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan pertama di Sanur, Bali.

“Kita harus bisa memaksimalkan potensi dan memanfaatkan peluang. Pada KEK Kesehatan di Sanur rencananya akan dibangun fasilitas kesehatan berkualitas dengan nilai investasi Rp10,2 triliun dengan target penyerapan tenaga kerja sebesar 43 ribu orang,” ujar Airlangga.

Ia mengatakan pariwisata Indonesia masih memiliki potensi untuk terus dikembangkan melalui strategi percepatan digitalisasi pariwisata. Dengan itu, integrasi sektor ekonomi digital dan sektor pariwisata menjadi prioritas pemerintah ke depan dalam upaya mempercepat pemulihan pariwisata.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada Juni 2022 sebanyak 345.400 atau naik 1.974 persen secara year on year (yoy) dibandingkan dengan Juni 2021.

Editor: Kelik Dewanto

Artikel asli : https://www.antaranews.com/berita/3077025/airlangga-pembangunan-wisata-berkelanjutan-untuk-dorong-ekonomi-lokal

logo