Airlangga Kucurkan Dana Hibah Rp 3,7 T untuk Sektor Pariwisata

Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (27 September 2021)
September 27, 2021
Pesan World Tourism Day 2021: Bukan Sekadar Jumlah Turis
September 27, 2021

Kumparan.com / Red/ 27 September 2021, 12:07 WIB

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan komitmen pemerintah dalam mendukung pemulihan sektor pariwisata. Salah satu wujud dari komitmen tersebut adalah dengan kembali digelontorkannya dana hibah untuk mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menko Airlangga pun menyebut besaran dana hibah yang dikucurkan juga bertambah daripada anggaran tahun 2020.

“Hibah pariwisata tahun lalu digelontorkan Rp 3,3 triliun. Tahun ini menjadi Rp 3,7 triliun. Ini merupakan bagian dari program perlinsos yang ditingkatkan,” jelas Airlangga dalam Rakornas Kemenparekraf 2021, Senin (27/9).

Airlangga mengatakan, alokasi dana hibah pariwisata ini merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sektor pariwisata.

Pemerintah meluncurkan beberapa kebijakan dan dukungan seperti yakni program Bangga Berwisata di Indonesia, sertifikat Cleanliness, Health, Safety and Environment & Sustainability (CHSE) bagi sektor perhotelan dan pariwisata, sampai dukungan pada industri perfilman Indonesia.

Pada tahun ini, lanjut Airlangga, pemerintah mengalokasikan Rp 7,67 triliun untuk mendukung pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional. Selain itu, disiapkan juga program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) kepada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurut Airlangga, alokasi anggaran untuk BIP mencapai Rp 60 miliar pada tahun 2021. Besaran tersebut naik tiga kali lipat dibanding tahun 2020.

Selanjutnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah meluncurkan program Indonesia Care (I Do Care), yang ditujukan untuk mendukung geliat sektor pariwisata di tengah pandemi COVID-19.

“Kita berharap kesiapan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menerapkan prinsip kebersihan, protokol kesehatan, keselamatan pengunjung, kelestarian lingkungan dalam berbagai aspek kegiatan,” pungkas Airlangga.

Artikel Asli : https://kumparan.com/kumparanbisnis/airlangga-kucurkan-dana-hibah-rp-3-7-t-untuk-sektor-pariwisata-1wbryKylv7v/full

logo