AirAsia Hadirkan Rute Baru Jakarta-Silangit

Melalui Pelatihan, Menparekraf Dorong Mahasiswa Unair Ciptakan Pasar UMKM
September 2, 2022
Perkuat Desa Wisata, Sandiaga Dorong Pembangunan Infrastruktur
September 5, 2022

Medcom.id/ Yatin Suleha / 02 September 2022 ,19:16 WIB

Jakarta: Wajah Tony Fernandes semburat senyum. Ditemani banyak staf, Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta Jumat, 2 September 2022 pagi, khususnya di Terminal 1 tampak cukup ramai dengan para karyawan AirAsia yang kompak memakai polo merah terang khas warna logo AirAsia.

Bertuliskan tagline “Terbang Lagi Indonesia” Tony Fernandes meresmikan penerbangan pertama AirAsia dari Jakarta ke Bandar Udara Internasional Silangit. Medcom.id berkesempatan terbang perdana dari Soekarno Hatta menuju Bandara Silangit yang ditempuh dengan waktu dua jam dengan mulus dengan sangat minim turbulence. Dan tak disangka, menaiki pesawat Airbus A320 yang sama dengan CEO dari AirAsia itu.

Sesampainya di Bandar Udara Internasional Silangit, Tony menyampaikan sambutannya. “Welcome to Selangit,” mengawali sambutannya singkat dengan rasa bangga.

Ia bilang, “Tepat sebelum covid, saya telah bertemu dengan Bapak Luhut (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman). Dan saya belum pernah mendengar Silangit. Sejujurnya, tentu saja saya pernah mendengar Danau Toba. Dan dalam diskusi kita di Davos, Ia (Bapak Luhut) sangat bangga akan Silangit. Katanya, ‘Ini adalah area yang paling memukau dan AirAsia harus terbang (ke sini)’,” kenang Tony mengawali cerita dalam Pres Conferencenya di Bandara Silangit, Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara hari ini.

Ia menambahkan, “Dan setelah beberapa tahun kami bisa menerbangkan Kuala Lumpur-Silangit. Dan sayangnya covid datang. Dengan covid dua senior staf (asal) Batak datang dan tidak hanya memberikan (data) covid, tapi saya mendatangi Viera dan Ruben juga yang telah menghabiskan dua setengah tahun memelajari tentang tempat yang luar biasa bagus ini.”

Lebih jauh ia berterima kasih pada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan pemerintah daerah karena Danau Toba dijadikan salah satu Destinasi Super Prioritas. Dan hal ini terus dilakukan upayanya serta inisiatifnya untuk menyadari tentang potensi Danau Toba, Silangit dan AirAsia sangat senang menjadi bagian daripadanya.

“Dan kami sangat senang untuk memulai kembali perjalanan yang telah saya sebutkan tadi Bapak Jokowi bahwa Indonesia lebih daripada sekedar hanya Bali saja. Ini merupakan negara yang sangat luar biasa, dengan banyak (destinasi) yang bisa dilihat. Dan kami akan melakukan yang terbaik, tak hanya membawa orang dari Asia, namun membawa orang-orang dari seluruh dunia,” jelas Tony.

Senada dengan Tony, Drs. Nikson Nababan, M.Si, Bupati Tapanuli Utara juga mengatakan,” Untuk Tapanuli Utara tentu, pertama kita mengucap syukur di zaman pemerintahan Bapak jokowi bandara ini bisa dibangun dengan baik menjadi komersil dan ini hasilnya sekarang kita tidak harus ke Medan lagi, makan waktu tujuh sampai delapan jam. Kita suka ke Jakarta, dan ini akses sudah ada.”

“Kemudian program danau toba dan skala prioritas dengan contohnya AirAsia masuk ini tentu sedikit banyak juga akan membantu pariwisata kita yang menurut saya ini juga sesuatu yang indah utk dinikmati,” beber Nikson lagi.

Muhammad Bobby Afif Nasution menambahkan, “Kembali masuk ini flight pertama dan tentunya akan mensupport bagaimana destinasi di wilayah Tapanuli ini. Ini sudah ada BODT (Badan Otorita Danau Toba) yang sudah mengembangkan daerah Danau Toba, yang saya rasa perlu sekarang ini adalah bagaimana mengajak sebanyak-banyaknya seluruh masyarakat bukan hanya di wilayah Sumatra Utara, tapi banyak juga warna Sumatra Utara, masyarakat Tapanuli yang tinggal di Batam.”

“Saya rasa perlu juga dibuka, Batam ke Silangit, karena ini juga sangat banyak masyarakat kami Tapanuli, ataupun Sumatra Utara yang tinggal di Batam,” harap Bobby. “Dan saya ucapkan selamat kepada seluruh masyarakt Tapanuli yang hari ini mungkin ke depannya atas akses yang telah dibuka hari ini, akan membuka kesejahteraan bagi masyarakat Tapanuli,” ungkap Bobby.

 

Fun fact tentang AirAsia dari Jakarta ke Silangit

– Penerbangan rute Jakarta-Silangit akan menggunakan pesawat Airbus A320

– Berkapasitas 180 penumpang

– Jatah bagasi gratis 20 kg

– Terbang tiga kali dalam seminggu yaitu hari Rabu, Jumat, dan Minggu

Artikel asli: https://www.medcom.id/gaya/wisata/lKYPBxQk-airasia-hadirkan-rute-baru-jakarta-silangit

logo