5 Desa di Kabupaten Barru Ditetapkan Jadi Desa Wisata

Taman rekreasi diminta dukung kebijakan PPKM level 3 akhir tahun  
November 25, 2021
Selama pandemi, tren berwisata mengalami perubahan
November 25, 2021

Sindonews.com/Muhammad Subhan/Diterbitkan 25 November 2021 pukul 16.52 WIB

BARRU – Pemerintah Kabupaten Barru menetapkan lima desa sebagai desa wisata. Lima desa tersebut yaitu Desa Nepo, Desa Kamiri, Desa Pacekke, Desa Pancana dan Desa Bulobulo.

Sekda Barru, Andi Abustan mengatakan, penetapan desa wisata ini dalam rangka pengembangan pariwisata di Kabupaten Barru. “Di Kabupaten Barru terdapat lima desa yang telah ditetapkan sebagai desa wisata, kelima desa ini jika benar-benar dimaksimalkan akan menjadi pusat wisata dunia,” kata Abustan saat pertemuan dengan sejumlah SKPD dan kepala desa, budayawan, dan pelaku industri kreatif, Kamis (25/11/2021).

Lima desa ini memiliki nilai sejarah yang dapat menjadi magnet wisatawan lokal maupun mancanegara datang. Desa Nepo contohnya, terdapat jejak masa kecil Presiden Indonesia, B.J Habibie. Bahkan di desa itu masih ada rumah yang pernah ditempati mendiang BJ Habibie belajar mengaji.

 

Desa Kamiri dengan potensi hutan yang masih sangat asri serta pesona air terjun To Magelli yang semakin menambah keunikan desa tersebut. Sementara Desa Pacekke dengan nilai sejarahnya saat pembentukan TNI di Bumi Sulawesi, ditambah dengan aneka budaya dan kuliner khas. Pada tahun 2019 lalu, desa ini juga juara 1 inovasi embung.

Di Desa Pancana terdapat kekayaan sejarah I Lagaligo serta seorang penulis Colliq Pujie. Ditambah dengan kehadiran Desa Bulobulo dengan nuansa budaya yang kental.

“Semoga ikhtiar bersama ini akan menjadikan Barru sebagai sektor wisata dunia, amin,” harap Sekda Barru.

Artikel Asli: https://makassar.sindonews.com/read/609909/713/5-desa-di-kabupaten-barru-ditetapkan-jadi-desa-wisata-1637831494

logo