5 Cara Explore Bali agar Liburan Tetap Nyaman, Sehat, dan Menyenangkan

Siaran Pers : Kemenparekraf Dorong Seniman Tetap Berkarya di Masa Pandemi Lewat Panggung Virtual
September 11, 2020
Semarang Fashion Convention 2020, Pelaku Fashion Harus Memiliki Jiwa Enterpreneur
September 11, 2020

Kumparan.com / Konten Redaksi kumparan / 11 September 2020, 11:10 WIB

Bali menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang mulai membuka pintu untuk wisatawan setelah ditutup lebih dari tiga bulan akibat pandemi COVID-19. Sejak dibuka pada 31 Juli 2020, Bali menjadi incaran wisatawan Nusantara untuk melepas penat di tengah adaptasi kebiasaan baru.

Sebagai destinasi wisata pertama yang menerapkan new normal, Bali memiliki fasilitas terbaik untuk menyambut wisatawan.

tak akan sama lagi seperti sebelumnya. Setiap wisatawan yang hendak berkunjung ke Bali diwajibkan melakukan persiapan agar liburan nyaman, sehat, dan menyenangkan .

Sesuai dengan Surat Edaran Nomor 15243 Tahun 2020 yang dikeluarkan Pemprov Bali Tentang Persyaratan Wisatawan Nusantara yang berkunjung ke Bali, setiap wisatawan domestik diwajibkan menyertakan Surat Keterangan minimum hasil non-reaktif rapid test dari instansi yang berwenang.

Selain mempersiapkan administrasi tambahan, ada beberapa cara menikmati Bali yang bisa kamu lakukan agar liburan tetap nyaman, sehat, dan menyenangkan. Berikut beberapa cara menikmati Bali agar liburan tetap nyaman, sehat, dan menyenangkan di tengah pandemi COVID-19.

  1. Pilih Destinasi Wisata Alam

Bali dikenal sebagai pulau yang banyak menyuguhkan wisata alam sebagai atraksi utamanya. Untuk itu, wisatawan bisa memilih destinasi wisata alam yang ditawarkan oleh Bali sebagai alternatif tujuan liburan.

Destinasi wisata alam menjadi pilihan utama bagi para wisatawan, karena diprediksi memiliki risiko penularan lebih kecil ketimbang destinasi wisata di tengah kota. Selain itu, wisata alam juga memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan.

Tak hanya itu, wisata alam juga memberikan keleluasaan buat kamu untuk tetap menerapkan physical distancing dengan wisatawan lainnya. Kamu bisa memilih tempat wisata #DiIndonesiaAja sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Misalnya saja hiking atau mengikuti kelas yoga untuk membangun dan menjaga kebugaran tubuh.

Salah satu destinasi wisata alam yang bisa jadi pilihan kamu saat berkunjung ke Bali adalah Ubud. Disebut-sebut sebagai jantung budaya Bali Ubud memiliki suasana hutan yang rimbun.

Wisatawan dapat menikmati ketenangan hutan dan menyaksikan cagar alam yang memukau, seperti Monkey Forest, Puri Saren Agung, Pura Taman Saraswati, hingga Tegalallang di Ubud.

Selain Ubud, wisatawan juga dapat mengunjungi Pantai Dreamland yang terkenal sebagai salah satu pantai terindah di Bali. Pantai yang berada di bagian selatan Bali, tepatnya di daerah Pecatu ini cocok untuk kamu yang ingin menikmati sunset maupun sunrise di Pulau Dewata.

Wisatawan yang datang akan disuguhkan pemandangan berupa tebing-tebing karang putih yang menjulang tinggi. Saking populernya, pada tahun 2018, Pantai Dreamland masuk ke dalam kategori 50 pantai di Asia Pasifik yang paling banyak diunggah di Instagram berdasarkan situs perjalanan asal Inggris, Globehunters.

  1. Pilih Tempat Wisata yang Sudah Terapkan Protokol Kesehatan

Tak bisa dipungkiri, pola kehidupan dan kebiasaan wisatawan selama new normal bakal mengalami perubahan yang cukup signifikan. Penerapan protokol new normal tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari tentu berpengaruh juga pada cara kita beraktivitas, bahkan melakukan liburan dengan tetap aman.

Wisatawan diwajibkan menggunakan masker, face shield, rajin cuci tangan, berbekal hand sanitizer, serta menjaga jarak di masa new normal sudah menjadi hal yang lazim. Selain mempersiapkan alat pelindung diri pribadi, wisatawan juga harus memilih tempat wisata yang sudah menerapkan protokol kesehatan.

Salah satunya seperti aturan menjaga jarak, membatasi jumlah pengunjung, memakai masker, pemeriksaan suhu, hingga tersedianya fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer.

Selain itu, wisatawan juga harus memastikan pengelola tempat wisata melakukan pembersihan dengan didesinfeksi secara berkala. Yakni pada area, sarana dan peralatan yang digunakan bersama seperti pegangan tangga, pintu toilet, perlengkapan dan peralatan penyelenggaraan kegiatan daya tarik wisata, dan fasilitas umum lainnya.

  1. Gunakan Kendaraan Pribadi

Untuk meminimalisir kontak dengan orang lain, lebih baik membawa kendaraan sendiri agar lebih aman dan nyaman saat bepergian ke tempat wisata. Apalagi ada beberapa tempat wisata di Bali yang lebih mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi.

Mobil pribadi merupakan transportasi paling aman, karena membantu meminimalisir kontak fisik dengan orang lain. Bepergian menggunakan kendaraan pribadi akan mengurangi kontak dengan banyak orang ketika berada di transportasi umum. Sedangkan, menggunakan transportasi umum tentu memiliki risiko lebih tinggi untuk terpapar virus mematikan ini.

Selama berkendara, diimbau agar selalu membersihkan permukaan yang sering disentuh. Selama di perjalanan kamu harus menyiapkan masker cadangan untuk setiap anggota keluarga atau teman yang ikut dalam perjalananmu.

  1. Bawa Bekal Makanan dari Rumah

Untuk menjaga kebersihan, wisatawan juga akan lebih baik membawa bekal makanan sendiri saat berwisata ke tempat wisata. Hal ini juga berguna untuk meminimalisir kontak dengan orang lain.

Selain lebih higienis, dengan membawa bekal makanan sendiri kamu bisa mengaplikasikan resep masakan selama PSBB. Disarankan membawa makanan yang tidak cepat basi, sebagai persiapan bila nantinya tidak ada restoran yang masih buka.

Selain itu, jangan lupa membawa peralatan makan dan minum sendiri. Sebab, membawa air dari botol kamu sendiri akan lebih terjaga keamanan dan kesehatannya daripada minum dari botol kemasan.

Saat traveling jangan berbagi makanan dengan orang lain. Apalagi dalam satu piring, meski itu kekuarga, kerabat, sahabat, bahkan kekasihmu sendiri, guna menghindari tertular COVID-19.

  1. Pilih Tempat Wisata yang Sediakan Layanan Registrasi Online

Jika berencana berkunjung ke destinasi wisata, utamakan tempat wisata yang menyediakan layanan registrasi online. Terlebih, saat ini banyak tempat wisata yang sudah menerapkan registrasi online untuk membatasi jumlah pengunjung, seperti Kebun Raya Eka Karya, Bali Bird Park, Garuda Wisnu Kencana, hingga Pantai Pandawa.

Layanan ini dianggap lebih menghemat waktu, aman, dan nyaman. Selain itu, calon pengunjung akan lebih bebas memilih harga tiket masuk yang ditawarkan serta berpeluang mendapat diskon. Biasanya penyelenggara tempat rajin memberi diskon bagi pelanggan yang membayar secara non tunai atau pada momen-momen tertentu.

Bagaimana, siap menikmati Bali dengan nyaman, sehat, dan menyenangkan saat liburan #DiIndonesiaAja?

Artikel Asli : https://kumparan.com/kumparantravel/5-cara-explore-bali-agar-liburan-tetap-nyaman-sehat-dan-menyenangkan-1uB5CxWRc26/full

logo
Hubungi Kami