4 Manfaat Program TerusUsaha Grab yang Bisa Didapat UMKM

Pemkab Pati Gelar Pentas Virtual, Ajang Sosialiasi Pencegahan Covid-19
July 8, 2020
Pegipegi punya fitur “Clean & Safe Stay”, pastikan keamanan menginap
July 8, 2020

Cnnindonesia.com / CNN Indonesia / 08 Juli 2020,  14:46 WIB

Jakarta, CNN Indonesia — Program #TerusUsaha merupakan komitmen Grab Indonesia dalam mempercepat digitalisasi bisnis tradisional dan kecil. Program ini mencakup berbagai inisiatif untuk meningkatkan daya saing UMKM serta diharapkan dapat meningkatkan penjualan.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan program #TerusUsaha bertujuan agar wirausahawan mikro atau bisnis sekecil apa pun mampu beradaptasi dalam era new normal dengan melakukan cara berbisnis yang baru.

“Meski diadang oleh ketidakpastian ekonomi di masa depan, namun kami percaya dapat turut berperan dalam membangkitkan ekonomi Indonesia lewat digitalisasi UMKM melalui layanan seperti GrabFood, GrabKios, dan GrabMart. Tentu sembari menciptakan peluang ekonomi lainnya bagi jutaan wirausahawan mikro,” ujar Ridzki melalui keterangannya, Selasa (7/7).

Dalam Program TerusUsaha ini, Grab memberikan 4 bantuan yang bisa dimanfaatkan UMKM dalam menggerakkan bisnisnya, sebagai berikut.

 

1) Meningkatkan Visibilitas dan Permintaan

Grab akan membantu puluhan ribu UMKM untuk meningkatkan visibilitas online dan meningkatkan penjualan melalui penyediaan iklan gratis.

Grab juga akan memberikan ruang untuk beriklan di media sosial dan saluran digital Grab. Semua biaya untuk membuat materi pemasaran ditanggung Grab.

 

2) Memberikan Pelatihan Keterampilan

Grab Akselerator UMKM: Menyediakan program akselerasi lengkap bagi pemilik usaha kecil di Indonesia. Peserta terpilih akan mengikuti program pelatihan selama 2,5 bulan dengan fokus pelatihan Business Assessment, Product Review, dan Konsultasi. Program ini akan dimulai pada awal Agustus 2020. Para pemilik usaha kecil dapat mendaftarkan diri mereka di microsite GrabForGood mulai 20 Juli.

Microsite khusus UMKM: Disediakan ruang bagi UMKM untuk mencari tips pengembangan bisnis dan cara bergabung dalam ekosistem digital Grab: www.grabforgood.id.

 

3) Menciptakan Kesempatan Pendapatan Baru

Masyarakat yang mata pencahariannya terdampak Covid-19 dapat bergabung sebagai agen individu GrabKios dengan menawarkan produk finansial dan digital seperti pengiriman uang, pembelian produk asuransi mikro, pembayaran tagihan, dan pulsa.

Bagi yang tertarik hanya perlu mengunduh aplikasi GrabKios untuk mendaftar dan dalam waktu 24 jam, sudah dapat berjualan.

 

4) Bekerja Sama dengan Pemerintah Daerah

Makassar: Bermitra dengan PD Pasar Jaya, pelanggan kini dapat membeli kebutuhan sehari-hari dari 13.500 penjual tradisional di 16 pasar tradisional menggunakan GrabAssistant. Grab juga bermitra dengan Dewan Kerajinan Nasional Makassar dalam mendukung bisnis kecil di area pariwisata lokal dengan teknologi

Manado: Melakukan digitalisasi kepada 100 mitra Industri Kecil Menengah (IKM) di bawah naungan Disperindag untuk menjadi merchant GrabMart dan GrabFood. Grab juga memberi biaya pengiriman khusus untuk pelanggan yang berbelanja dari 100 IKM.

Yogyakarta: Mendukung aplikasi Si Bakul, aplikasi MarketHub, dan program pemerintah. Grab menyediakan jasa pengiriman GrabExpress dengan harga khusus bagi pelanggan yang membeli produk dari 120 mitra UMKM yang terdaftar di platform SiBakul.

Sleman: Telah mengajak 24 pasar tradisional basah di Sleman bergabung dalam platform Grab. Pelanggan sekarang dapat membeli barang sehari-hari dari hampir 12.500 penjual tradisional menggunakan GrabAssistant

Kerja sama ini dibangun dari upaya Grab untuk mendukung pemerintah agar memastikan bisnis tradisional dan wirausahawan di lokasi terpencil tidak tertinggal dalam akselerasi digital. Hingga hari ini, Grab telah membantu lebih dari 100 pasar tradisional di Indonesia untuk beralih ke bisnis online melalui GrabMart.

Artikel Asli : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200707174528-190-521932/4-manfaat-program-terususaha-grab-yang-bisa-didapat-umkm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami