3 Tempat Wisata di Malang Raya Mulai Dibuka

Jenis Vitamin Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Melindungi Dari Covid-19
September 9, 2021
Tarik Investasi, RI Bakal Jadi Tuan Rumah Global Tourism Forum
September 10, 2021

Medcom.id / Daviq Umar Al Faruq / 09 September 2021, 12:46   WIB

Malang: Pemerintah melakukan uji coba pembukaan tiga tempat wisata di wilayah Malang Raya selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 Jawa-Bali. Tempat wisata tersebut antara lain Taman Rekreasi Selecta dan Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo) di Kota Batu, serta Hawai Group di Kota Malang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq, mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu sebelumnya mengusulkan sebanyak 30 destinasi wisata kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk bisa beroperasi kembali.

“Jadi itu sebenarnya program uji coba dari Kemenparekraf dan Kemenkes. Kami usulkan banyak dan mereka yang memilih. Jatim Park 2 sama Selecta,” katanya, Kamis, 9 September 2021.

Arief menerangkan, dua destinasi wisata tersebut dipilih lantaran telah memenuhi sejumlah persyaratan protokol kesehatan (prokes). Salah satunya, seluruh karyawan telah menjalani vaksinasi covid-19.

“Persyaratan dasar yang dipilih antara lain karyawan sudah divaksinasi semua. Sudah mulai sertifikasi CHSE. Karyawannya sudah mengunduh aplikasi PeduliLindungi, lalu sarana dan prasarana protokol kesehatan sudah memenuhi standar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, menambahkan, tempat wisata seharusnya masih belum diperbolehkan beroperasi berdasarkan aturan PPKM Level 3. Namun, sesuai arahan dari pemerintah pusat, Hawai Group di Kota Malang dipilih menjadi salah satu destinasi wisata diujicobakan untuk dibuka.

“Ada arahan untuk Kota Malang yang menjadi percobaan pembukaan destinasi wisata, yaitu Hawai. Tentunya itu dengan menerapkan prokes kemudian ada aplikasi PeduliLindungi,” kata Ida.

Destinasi wisata lainnya di Kota Malang, seperti kampung tematik masih belum dilakukan uji coba pembukaan. Sebab, kata Ida,  masih menunggu usulan dari pemerintah pusat.

“Kita tunggu uji coba ini dulu. Kalau lancar, terus direkomendasikan boleh kita buka dengan ketentuan itu tadi dengan syarat sudah vaksin juga,” jelasnya.

Artikel Asli : https://www.medcom.id/nasional/daerah/ZkeE8r6k-3-tempat-wisata-di-malang-raya-mulai-dibuka

 

 

logo