122 Tempat Wisata di Bandung Siap Dijadikan Sentra Vaksinasi
July 28, 2021
Perpustakaan Mini Warak Kayu di Semarang Masuk Daftar Arsitektur Terbaik Dunia 2021
July 28, 2021

Cnnindonesia.com/ CNN Indonesia / 28 Juli 2021, 17:15 WIB

Jakarta, CNN Indonesia — Seni dan kerajinan tangan menjadi bagian tak terpisahkan pada industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) nasional. Ketika berwisata ke sebuah tempat, seni dan kerajinan tangan setempat sekaligus menjadi identitas kawasan tersebut.

Hal tersebut juga berlaku di Pulau Bali sebagai salah satu destinasi wisata favorit di dunia. Senada, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno turut menyatakan bahwa sektor ekonomi kreatif (ekraf) berpengaruh besar bagi industri pariwisata Bali secara keseluruhan.

“Ini juga memberikan multiplier effect kepada produk-produk ekonomi kreatif dan UMKM seperti kuliner, suvenir maupun fesyen dan juga kegiatan ekonomi rakyat lainnya hingga 70 persen,” kata Sandiaga pada Mei lalu.

Di tengah masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mengatur mobilitas masyarakat, dukungan terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal Bali tetap dapat diwujudkan melalui pembelian produk secara daring.

Berikut adalah tiga kerajinan khas Bali yang mudah didapat, dan tepat untuk dikirimkan sebagai bingkisan kepada kerabat dan rekan kerja.

 

Batik

Sejak lama, masyarakat Bali diketahui pandai mengolah seni, termasuk batik. Di Bali, batik dibuat untuk berbagai keperluan sandang, misalnya pada upacara adat ritual keagamaan, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Lambat laun, batik Bali menjadi buruan wisatawan.

 

Setidaknya, ada lima jenis motif batik Bali yang disukai. Antara lain, batik Ulamsari Mas, batik Pisan Bali yang juga dikenal sebagai motif Pisang Bali, batik Bali Buketan, batik Bali Singa Barong, serta batik Bali Merak Abyorhokokai.

 

Kopi

Tak hanya menyimpan potensi seni tinggi, Bali juga memiliki sejumlah daerah yang menghasilkan kopi berkualitas baik, sebut saja kopi Kintamani yang diolah secara organik. Ditanam di daerah sejuk dengan sistem pengairan tradisional, kualitas biji kopi pun jadi semakin tinggi.

Kopi Kintamani dikenal memiliki rasa lembut dan aroma khas yang nikmat. Saat ini, cita rasa kopi Kintamani telah mendunia. Sembari menunggu akhir masa PPKM, kopi Kintamani tetap dapat dibeli secara daring dan diseduh di rumah.

 

Lukisan dan layang-layang

Tak hanya tersedia dalam beragam bentuk, kisaran harga lukisan dan layang-layang Bali pun sangat bervariasi. Bentuk dan warna-warni layang-layang yang khas akan disambut gembira oleh anak-anak, meski juga bisa dipakai sebagai dekor ruangan.

Tidak sulit mendapatkan lukisan dan layang-layang Bali, karena kedua produk ini hampir selalu ada di toko-toko suvenir Bali yang kini juga melayani pembelian daring.

Dapatkan lebih banyak inspirasi tentang pariwisata dan ekraf Indonesia melalui Instagram @pesonaid_travel, dan ikuti kompetisi #melodikemerdekaan berhadiah total jutaan rupiah sebagai perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang dilaksanakan pada periode 27 Juli-12 Agustus 2021. Info lebih lanjut bisa diakses melalui www.indonesia.travel.

Artikel Asli : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210728170529-275-673432/3-produk-favorit-untuk-obati-kerinduan-pada-bali

logo
Hubungi Kami