3 Langkah Mudah Mendaftar Kartu Prakerja

Ungkapan Cinta Terhadap Tenaga Medis, Jendela Hotel Grand Hyatt Berbentuk Hati
April 13, 2020
Siaran Pers : Menparekraf Kenang Glenn Fredly dan Keinginan Wujudkan Festival Musik Ambon
April 14, 2020

Bagi para pekerja, pencari kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan dan/atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19, saat ini pemerintah telah membuka Pendaftaran Program Kartu Prakerja.

Kemenparekraf sendiri mengusulkan 189.586 tenaga kerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) untuk mendapatkan kartu prakerja. Usulan tersebut berasal dari data yang diberikan oleh asosiasi industri dan profesi parekraf serta dinas-dinas pariwisata dari 34 provinsi yang terdampak wabah pandemi Covid-19.

Syarat peserta program Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Pendaftarannya terdiri dari 3 (tiga) tahap.

Pertama, calon peserta atau pendaftar membuat akun Prakerja di situs www.prakerja.go.id. Kemudian pendaftar memasukkan biodata, seperti nama, tempat/tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan sebagainya. Data akan diverifikasi ke Kementerian/Lembaga (K/L) terkait. Kedua, pendaftar mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama ±15 menit. Ketiga, pendaftar bergabung di gelombang pendaftaran yang sedang dibuka.

Langkah mudah mendaftar kartu prakerja dapat dilihat pada infografis dibawah ini.

 

 

 

 

 

 

 

Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut, dapat mengakses:
Website: Prakerja
Email: info@prakerja.go.id
Instagram: @prakerja.go.id
Call Center: 021-25541246 (Jam Kerja: Senin-Jumat, Pukul 08.00-19.00 WIB)

logo